Pengertian bitcoin terangkum secara ringkas dalam beragam istilah seperti mata uang digital, mata uang virtual, mata uang elektronik, emas digital dan mata uang kripto (cryptocurrency). Menggunakan simbol BTC atau XBT dalam transaksinya, aset digital ini dirancang oleh penemunya yang misterius, yaitu Satoshi Nakamoto, agar berfungsi sebagai mata uang sesungguhnya.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin kerap digolongkan dalam kategori mata uang virtual, yakni salah satu jenis mata uang digital yang tidak diatur oleh regulasi atau hukum. Meski tidak didukung secara resmi oleh pemerintah atau bank sentral negara mana pun, bitcoin bisa digunakan untuk transaksi barang dan jasa dengan penjual yang menerima bitcoin sebagai alat pembayaran.

Di Indonesia, cryptocurrency (termasuk bitcoin) sudah dipandang sama dengan komoditas dan transaksi jual beli bitcoin bisa dilakukan di Bursa Bersangka Jakarta (JFX) sejak Februari 2019.

Mengenal Bitcoin

Untuk mengenal bitcoin itu apa dan kenapa sangat populer dewasa ini, perlu diketahui terlebih dulu definisinya yang lebih lengkap. Bitcoin adalah jenis mata uang digital yang setiap catatan transaksinya terus menerus disimpan dan unit mata uang yang baru dihasilkan dengan cara memecahkan problem matematika menggunakan komputer. Peredaran bitcoin berlangsung secara independen tanpa campur tangan dan peran bank sentral.

Dalam konsepnya, bitcoin menjanjikan biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online konvensional dan peredarannya dilakukan oleh pihak otoritas yang terdesentralisasi. Ini berbeda dengan peredaran mata uang yang dikeluarkan pemerintah dan dikendalikan secara terpusat. Biaya bisa ditekan seminim mungkin karena tidak adanya perantara pihak ketiga atau lembaga keuangan apa pun.

Cara Transaksi Bitcoin

Bagaimana cara jual beli bitcoin adalah salah satu pertanyaan yang paling umum diajukan kalangan awam. Tanpa perlu mengetahui detail teknis cara kerjanya, penjelasan dan cara transaksi bitcoin bisa dipahami dari langkah langkah berikut:

  1. Instal dompet (wallet) bitcoin di ponsel atau komputer untuk mendapatkan alamat bitcoin
  2. Beri tahukan alamat itu kepada pihak lain untuk melakukan transaksi
  3. Transaksi dicatat dalam jurnal publik yang disebut rantai blok (blockchain)
  4. Transaksi divalidasi di dalam jaringan
  5. Setelah dikonfirmasi, transaksi disimpan dalam rantai blok
  6. Saldo nilai bitcoin di dalam dompet lalu diperbarui

Perlu diketahui bahwa dompet bitcoin menyimpan kunci pribadi untuk menandatangani transaksi, sebagai bukti bahwa jumlah bitcoin yang ditransfer berasal dari pemilik dompet. Setelah diterbitkan, tanda tangan itu juga membuat transaksi tidak bisa diubah oleh siapa saja. Transaksi yang disiarkan dalam jaringan lalu dikonfirmasi melalui sistem yang disebut penambangan (mining).

Bitcoin di Indonesia

Perkembangan bitcoin di Indonesia dianggap menuju ke arah positif dan kepercayaan masyarakat Indonesia cenderung meningkat, kendati pergerakan harga & nilai bitcoin di 2018 mengalami penurunan. Banyak perusahaan dan investor dunia yang menaruh minat pada bitcoin, dan manajer investasi di sejumlah negara sudah menjadikan mata uang kripto ini sebagai salah satu pilihan instrumen keuangan.

Masa depan bitcoin di Indonesia mulai terlihat cerah seiring dengan membaiknya pemahaman masyarakat akan dompet bitcoin dan arti penting pengiriman dana secara lebih mudah dan cepat dengan biaya lebih murah. Selain itu, Permendag no. 99 tahun 2018 menetapkan bitcoin & mata uang kripto yang lain sebagai aset digital sekaligus barang dagangan (komoditas) untuk kontrak berjangka. Peraturan Bappebti no. 5 tahun 2019 menegaskan kembali hal itu.

Vay Hodnocení kategorie 4.5

Pengertian Bitcoin: 4.2/5 dari 28 suara