Ini Dia 4 Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk

Punya hutang yang menumpuk memang kondisi yang paling tidak mengenakkan. Tidur tidak nyenyak, munculnya perasaan khawatir, serta tuntutan untuk terus menerus mencari cara mengatasi hutang yang menumpuk. Memang ada banyak solusi terlilit hutang yang ditawarkan di luar sana, namun tentu Anda harus memutuskan manakah solusi yang paling tepat dan efektif untuk Anda ambil. Sebelum berbicara lebih lanjut tentang cara mengatasi hutang yang menumpuk, ada baiknya untuk kita mengecek pertandanya lebih dahulu. Berikut adalah ciri-ciri Anda memiliki hutang yang menumpuk dan harus mulai mencari solusi untuk mengatasi hutang:

Tidak tahu berapa total hutang yang harus dibayar

Sulit rasanya untuk mencari jalan keluar dari hutang menumpuk jika Anda sendiri juga tidak mengetahui berapa besar utang yang Anda miliki. Kumpulkan keberanian untuk melakukan penghitungan akumulasi total hutang, gabungkan mulai dari hutang yang lancar dan tertunggak, tenor panjang maupun pendek, bunga besar atau kecil, serta berbagai jenis hutangnya. Jika Anda sudah tahu total keseluruhan, hitunglah berapa cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Jika total keseluruhan cicilan tersebut senilai lebih dari 40% gaji bulanan Anda maka bisa dibilang Anda saat ini berada dalam kondisi keuangan yang perlu waspada. Jika kondisi sejauh ini masih baik-baik saja, maka tidak ada salahnya untuk bersiap-siap akan adanya potensi terjerat dalam hidup susah banyak hutang dalam beberapa bulan ke depan. 

Mulai lalai membayar atau menumpuk tagihan

Ciri berikutnya adalah dengan melihat kelancaran pembayaran. Bagi mereka yang menggunakan sistem auto debet setiap bulan, biasanya uang tersebut mulai dialokasikan untuk pengeluaran lain yang dianggap jauh lebih darurat, seperti biaya kebutuhan rumah tangga, uang sekolah, dsb. Padahal seharusnya membayar tagihan dimasukkan ke dalam kategori sama prioritasnya karena adanya efek samping jika tidak bayar teratur. 

Tabungan mulai terkeruk habis

Biasanya sumber dana utama yang paling bisa menjadi patokan saat terlilit hutang adalah tabungan. Coba lihat mutasi rekening khusus tabungan dalam beberapa waktu terakhir. Bandingkan antara persentase dana masuk dan dana keluar, jika memang dana keluar lebih besar artinya Anda juga perlu mengecek lagi kesehatan keuangan Anda.

Performa kerja mulai memburuk

Hilangnya konsentrasi di tempat kerja bisa dijadikan salah satu ciri ketidaklancaran dalam pembayaran hutang. Biasanya hidup susah banyak hutang memang bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Kerap kali orang jadi merasa khawatir tidak mampu membayar dan mulai memikirkan masa depan yang tidak-tidak. 

Mulai membayar dengan minimum payment

Minimum payment berarti membayar tagihan dengan (rata-rata) 10% dari total tunggakan + tagihan yang masih belum lunas di bulan sebelumnya. Rasanya memang ringan sekali, namun percayalah metode ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan berusaha kabur dari tanggungjawab dan menutup sebelah mata saja tanpa menyelesaikan masalah. Jika Anda mulai membayar dengan minimum payment, bisa jadi Anda sedang berusaha berlari dari tanggung jawab pembayaran cicilan yang seharusnya. 

Setelah mengetahui berbagai ciri-ciri orang yang terlilit hutang yang menumpuk, kini saatnya untuk membahas cara mengatasinya. Tentu saja cara mengatasi hutang yang menumuk adalah dengan mencari uang tambahan agar bisa membayar, serta memotong pengeluaran bulanan. Kuncinya adalah melakukan efisiensi dalam pengelolaan uang bulanan. Di samping dua hal mendasar tersebut, sebenarnya ada begitu banyak solusi terlilit hutang, berikut ini kami sajikan berbagai metode yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi hutang yang Anda miliki: 

Membayar Lebih dari Minimum Payment

Jalan keluar terlilit hutang yang pertama adalah dengan membayar lebih dari minimum payment. Mengapa begitu? Karena minimum payment hanyalah membantu Anda untuk menutup mata sekejap dari cicilan yang seharusnya wajib dibayarkan beserta dengan bunga yang terus berjalan setiap bulannya. Dengan kata lain, sebenarnya membayar dengan minimum payment akan memakan waktu seumur hidup untuk melunasi hutang tersebut. Solusi hutang yang bisa dilakukan adalah membayar sebanyak yang Anda mampu, jika memungkinkan bayarlah setidaknya 30% dari total cicilan bulanan yang sudah disertai bunga. 

Membayar Hutang Secara Bertahap dari Bunga Terbesar

Kami mengerti bahwa mencari jalan keluar dari hutang menumpuk memang tidaklah mudah, apalagi jika hutang tersebut sudah beragam dengan cicilan, bunga, tenor yang bermacam-macam. Maka dari itu, kami menyarankan untuk membayar secara bertahap. Intinya, bayarlah sesuai dengan anggaran bulanan Anda sembari memotong pengeluaran bulanan. Kami tahu bahwa hal ini memang bisa memberikan efek samping seperti gangguan debt collector, namun jika membayar bersamaan ke semua cicilan sebenarnya akan membuat Anda terbebas hutang lebih lama. 

Solusi hutang yang bisa dilakukana adalah dengan membayar jenis cicilan dengan bunga yang paling tinggi. Saat hutang tersebut bisa terlunasi, lanjutkan dengan membayar jenis hutang lain dengan bunga tertinggi selanjutnya sampai seluruh jenis hutang tereliminasi. Mungkin Anda akan merasa berat di awal karena harus membayar hutang dengan bunga tertinggi, namun jika satu jenis hutang mulai berhasil dilunasi bisa memberikan Anda semangat dan motivasi untuk melunasi sisa hutang yang berjalan jadi lebih bertambah. 

Melakukan Refinancing untuk Melunasi Hutang 

Ini memang langkah yang belum dikenal oleh banyak orang di Indonesia, namun salah satu cara mengatasi hutang yang sering dipakai dan umum di luar negeri adalah dengan melakukan refinancing. Singkatnya, refinancing adalah memanfaatkan aset yang Anda miliki seperti mobil atau properti agar Anda bisa mendapatkan pinjaman baru untuk melunasi hutang berjalan. Untuk melakukan hal ini memang perlu disertai dengan bantuan dari penasihat keuangan yang lebih berpengalaman, agar Anda bisa mempelajari skema serta rencana pembayaran di kemudian hari. 

Konsolidasi Hutang melalui Pinjaman dengan Bunga yang Rendah

Ada sebagian orang yang senang menggunakan metode konsolidasi hutang sebagai cara mengatasi hutang. Tidak paham dengan istilah ini? Sebenarnya jika disampaikan dengan sederhana, konsolidasi hutang adalah menggabungkan beberapa pinjaman menjadi satu pinjaman besar. Ini membantu Anda untuk lebih fokus dalam mencari uang dan mengelola agar pembayaran hutang bisa diselesaikan dengan cara yang lebih singkat. Jalan keluar terlilit hutang yang satu ini cocok untuk Anda yang seringkali kepusingan untuk menentukan hutang mana yang harus dibayarkan terlebih dulu, atau mengelola jenis hutang mana yang belum dibayarkan di bulan tertentu. jadi, dengan konsolidasi hutang Anda hanya perlu melakukan satu kali pembayaran setiap bulan. 

Melakukan pinjaman dana untuk kebutuhan pribadi dengan bunga yang lebih rendah adalah salah satu cara terbebas dari hutang yang bisa dilakukan. Jadi Anda bisa mengajukan pinjaman dan menggunakan seluruh uang tersebut untuk melunasi seluruh total pinjaman yang berjalan sampai selesai. Dari situ, Anda bisa mulai fokus membayar hutang pinjaman dana yang baru tersebut sampai lunas. 

Masalah yang dikeluhkan orang yang terlilit hutang adalah karena mereka tidak lagi tahu ke mana harus mengajukan hutang. Saat ini Anda bisa memanfaatkan pinjaman online sebagai cara mengatasi hutang. Pengajuan pinjaman online cenderung lebih mudah untuk dipenuhi persyaratannya serta lebih cepat cair, dan cepat digunakan di saat darurat. Penyedia pinjaman online di Indonesia juga sudah banyak, sehingga Anda memiliki banyak pilihan jalan keluar terlilit hutang yang bisa dimanfaatkan sebagai solusi hutang Anda. 

Jika bingung untuk memilh pinjaman online mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, ada baiknya untuk memanfaatkan situs pembanding pinjaman online dan Pinjaman Super bisa menjadi solusi bagi Anda. Kami mengembangkan transparansi dan kelengkapan informasi. Layanan kami memungkinkan Anda mengenali pinjaman mana yang harus dipilih. Tidak perlu khawatir lagi, tentukan sumber pinjaman online bagi diri Anda di Pinjaman Super. 

Hodnocení kategorie 4.5
Ini Dia 4 Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk: 4.2/5 dari 4 suara