Mungkin Anda mengalami pembiayaan bermasalah setelah diajukan? Aplikasi KTA Mandiri ditolak? Atau pengajuan KTA DBS bermasalah?

KTA Ditolak? Ini Alternatifnya di 2019

Saat menghadapi keadaan darurat dan mendesak, terlebih jika usaha bangkrut & hutang menumpuk sementara keluarga harus tetap diberi makan, banyak orang mengandalkan pinjaman atau kredit tanpa agunan (KTA) sebagai solusi instan. Tempat pinjam uang yang pertama kali terpikir biasanya adalah bank. Kredibilitas & bunga yang relatif rendah merupakan faktor yang dijadikan pertimbangan utama.

Terlepas dari sejumlah keunggulannya, bank termasuk lembaga pembiayaan yang paling ribet persyaratannya. Semua dokumen yang diminta sudah dipenuhi dan prosedur yang ada sudah diikuti, tetapi tanda tanda KTA disetujui tidak juga tampak. Bahkan, setelah menanti sekian lama, yang datang adalah penolakan. Namun, Anda tidak perlu cemas, di tahun 2019 semakin banyak alternatif pembiayaan dari perusahaan keuangan non bank.

Penyebab KTA Ditolak

Saat menemui persoalan seperti pengajuan KTA ANZ bermasalah di tengah jalan, aplikasi KTA Standard Chartered bermasalah saat diproses, atau top up KTA Mandiri ditolak, wajar saja bila yang pertama kali Anda rasakan adalah kekecewaan. Bagaimanapun, meski ciri ciri KTA ditolak sulit dideteksi, ada baiknya Anda mengetahui berbagai sebab KTA tidak disetujui.

  • Dokumen tidak lengkap

Semua bank mensyaratkan kelengkapan dokumen permohonan pinjaman. Dokumen yang dijadikan syarat umumnya adalah KTP, slip gaji (khusus pegawai), kopi rekening bank, kartu kredit & NPWP.

  • Satu syarat tidak terpenuhi

Selain dokumen, syarat lain yang perlu dipenuhi misalnya WNI, karyawan, profesional, atau wiraswasta dengan pendapatan tetap, minimum penghasilan sesuai UMR & usia minimal 21 tahun.

  • Jumlah pinjaman terlalu tinggi

Plafon KTA dari bank biasanya terbatas dengan tenor cukup singkat. Selain itu, faktor penting yang perlu diketahui yaitu rasio angsuran pinjaman dibanding pendapatan tidak lebih dari 30 %.

  • Histori kredit tidak baik

Riwayat kredit bisa dengan mudah diketahui bank melalui BI Checking. Mencari cara agar data BI Checking dihapus atau menyewa jasa pemutihan BI Checking sangat berisiko terjerat praktik penipuan.

  • Pemalsuan informasi

Tidak jarang calon peminjam melakukan pemalsuan dokumen atau tidak jujur saat mengisi formulir pengajuan pinjaman. Perlu diingat bahwa ini termasuk unsur pidana dan bisa dituntut ke pengadilan.

Alternatif Dana Pinjaman Selain KTA

Tidak perlu putus asa jika pengajuan KTA Anda tidak disetujui bank. Anda jadi mengetahui syarat kelayakan kredit bank agar mampu menganalisis sebab utama mengapa aplikasi kredit Anda ditolak. Memang, Anda bisa coba mengajukan KTA di bank lain dengan harapan disetujui. Namun, di zaman sekarang sudah ada banyak pilihan atau alternatif dana pinjaman yang bisa Anda dapatkan dengan mudah & cepat untuk keperluan mendadak.

  • Pegadaian

Jika memiliki barang berharga seperti emas, perhiasan, elektronik, BPKB motor atau mobil, Anda bisa memperoleh dana tunai segera dengan cara menggadaikan barang itu sebagai jaminan.

  • Pinjaman kilat

Produk pinjaman yang juga lazim disebut pinjaman instan ini kerap ditawarkan secara online. Kendati suku bunganya relatif lebih tinggi daripada bank, Anda berpeluang memperoleh dana tunai lebih banyak dalam waktu singkat. Pastikan lembaga keuangan yang menyediakannya terdaftar di OJK ( Otoritas Jasa Keuangan ).

  • Peer to peer lending

Peer to peer (P2P) lending adalah fasilitas kredit yang disediakan perusahaan FinTech yang mempertemukan peminjam secara langsung dengan pemberi pinjaman. Sama seperti produk pinjaman kilat, pinjaman P2P juga memanfaatkan jaringan internet.

Vay Hodnocení kategorie 4.5

KTA Ditolak? Ini Alternatifnya di 2019: 4.2/5 dari 22 suara